Ketentuan layanan

Untuk menghindari salah komunikasi yang bisa berakibat salah paham, maka kakek memutuskan untuk membuat halaman Ketentuan Layanan* ini. Dengan membeli di SesepuhAlatTeknik.com berarti cucu sudah menyetujui semua yang tertulis di halaman ini ya.**

Pelayanan

SesepuhAlatTeknik.com memang adalah toko online yang bisa diakses selama 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu. Namun bukan berarti pelayanan kakek juga 24 jam. Jam produktif kakek yakni: Senin-Sabtu jam 09.00-17.00 WIB. Semua pertanyaan dan orderan yang masuk di jam tersebut akan segera dibalas secepat mungkin. Bagaimanapun juga ada beberapa kasus dimana kakek perlu waktu untuk membalasnya.

Di luar jam kerja produktif, kakek akan berusaha secepat mungkin untuk membalas semua kontak yang masuk. Jadi kakek harapkan para cucu agar bersabar.

Kasus yang sering terjadi ialah, calon cucu menanyakan seputar produk dan cara pemesanan di siang hari. Dan baru melakukan pembayaran pada malam harinya. Bila memungkinkan, kakek akan langsung mengecek status pembayaran cucu saat itu juga. Tapi, calon cucu seringkali tidak sabar lantaran sudah mentransfer uangnya. Dijamin, SesepuhAlatTeknik.com tidak akan menipu cucu. Status pembayaran pasti akan kakek cek pada hari kerja selanjutnya.

Setelah pembayaran diterima, kakek akan segera menginfokan kapan pesanan akan dikirim. Secepatnya akan kakek infokan, karena itu diharap bersabar karena semua diproses sesuai urutan dan sistem yang kakek tetapkan ini sesuai standar agar pesanan berjalan lancar ya cu. (Ada kalanya info terlambat karena kakek sudah sepuh, mohon dimaklumi ya.)

Produk

Produk yang tersedia di SesepuhAlatTeknik.com dijamin original semua. Yang bergaransi pasti kakek bilang bergaransi.

Apapun produknya, kakek menjamin bahwa produk yang dikirim selalu dalam kondisi baru. Bila produk yang dikirim ternyata barang bekas, kakek akan mengganti produk + biaya kirim yang sudah terbayarkan sebelumnya. Ada juga beberapa produk yang sengaja kakek buka dan coba, hanya untuk memastikan bahwa produk yang hendak dikirim berfungsi normal.

Beberapa produk juga tersedia dengan stok yang sangat terbatas seperti: Mesin Cuci Motor Jet Cleaner Laguna 70 LAKONI. Karena itu ketersediaan produk bisa berubah dalam waktu yang singkat. Kakek minta pengertiannya jika seandainya produk yang ditanyakan atau sudah dibayar baru saja laku terjual ya cu.

*Foto produk bisa jadi ada yang nyomot dari saudara kakek, mbah Google. Tapi mayoritas foto di SesepuhAlatTeknik.com adalah foto kakek sendiri ya cu.

Pengiriman

– Pengiriman di wilayah Surabaya
SesepuhAlatTeknik.com menerima semua pengiriman di wilayah Surabaya dari Timur, Selatan, Barat hingga Utara. Namun, untuk pesanan khusus dan dalam jumlah besar, kakek butuh waktu untuk mengaturnya. Untuk pengiriman di wilayah Surabaya, normalnya adalah di jam kerja kakek yakni Senin-Sabtu jam 9.00-17.00 WIB.

Untuk info nomor resi ditunggu paling lambat 1 x 24 jam di hari kerja sejak pesanan dikirim ya cu.

– Pengiriman di luar Surabaya
SesepuhAlatTeknik.com bisa mengirimkan semua produk ke seluruh Indonesia, bergantung pada ekspedisi terkait. Ada kalanya kakek menolak untuk mengirim produk seperti WD-40 yang ingin dikirim ke Jakarta misalnya. Alasan utama kakek ialah menjamin bahwa produk sampai di lokasi dengan selamat tanpa tertahan di pihak ekspedisi. Karena ekspedisi biasanya tidak menerima barang yang mudah meledak seperti baterai atau cairan dalam botol/tabung yang bertekanan tinggi. Jika pengiriman dirasa tidak memungkinkan produk tiba dengan selamat, maka kakek akan menolak pesanan tersebut.

(Kecuali kalau cucu memaksa paket tetap dikirim, kakek ya nurut aja tapi kalau ada masalah kakek dibebaskan dari tuntutan ya..)

Mohon pastikan nomor telepon yang diberikan pada kakek, agar selalu aktif dan bisa dihubungi ya cu. Ada kalanya kurir / ekspedisi membutuhkan konfirmasi mengenai detail pengiriman.

Ongkirnya kok beda?
Ongkir yang tertera kakek pastikan adalah ongkir yang sudah disesuaikan dengan alamat yang cucu masukkan. Jika ada kelebihan ongkir, maka kakek pasti akan mengembalikannya entah diselipkan dalam paket atau kakek transfer manual.

Sebaliknya kalau ongkirnya kurang, mohon ditransfer kekurangannya ya cu..

Penipuan

Penipuan adalah hal yang sering terjadi di internet. Selama cucu memesan sesuai kontak yang kakek cantumkan di website ini dan mentransfer uang ke rekening BCA/Mandiri yang tercantum di website ini, maka kakek jamin cucu berada di jalan yang benar alias tidak ditipu. Selain itu cucu bisa mengecek di http://whois.net untuk mengetahui siapa pemilik website ini.

Klaim dan komplain

Untuk proses klaim, caranya semudah menghubungi kakek seperti biasa tanpa ada prosedur yang rumit. Hanya saja beberapa hal perlu diperhatikan ya cu, seperti:

– Barang hilang atau tidak komplit
Jika kemasan diterima dalam kondisi sobek/rusak, harap dipastikan isinya lengkap ya cu. Kakek sangat sarankan untuk langsung membuka paketnya di depan kurir ekspedisinya. Bila pesanan diterima tanpa dicek terlebih dahulu, kakek bakal kewalahan membantu proses klaim atau malah gagal sama sekali.

– Kemasan bagus tapi barang tidak lengkap
Cek ulang apakah paket yang cucu terima sesuai dengan foto produk yang tercantum di website SesepuhAlatTeknik.com ini. Jika tidak sesuai, ada kemungkinan kakek atau nenek lupa memasukkan produk sesuai pesanan, atau bisa juga foto produknya belum update. Mohon dimaklumi ya karna kakek dan nenek sudah sepuh. Oh iya, kalau terbukti kakek yang salah, kakek kirimkan kekurangannya dan ongkirnya kakek yang tanggung alias gratis!

– Kondisi paket penyok bahkan remuk
Untuk kondisi penyok sedikit, kakek anggap bahwa ini resiko ekspedisi alias normal ya cu. Sebagaimana kita semua tahu bahwa kebanyakan ekspedisi seperti misalnya ekspedisi A, menggunakan jasa cargo bandara dalam hal pengiriman. Biasanya, pihak cargo bandara memperlakukan barang dengan kasar meski sudah diberi label Fragile (pecah belah). Beberapa ekspedisi menerima proses klaim dan bersedia mengganti rugi. Beberapa ekspedisi menyarankan penggunaan packing kayu (yang nanti akan menambah volume dan berat paket) dan melepas tanggung jawab jika terjadi kerusakan pada paket yang tidak dipacking kayu.

Kebijakan ekspedisi yang melepas tanggung jawab membuat kakek menjadi kasihan terhadap cucu selaku konsumen dan toko online lainnya. Ilustrasinya sebagai berikut cu:

Toko A mengirim barang ke ekspedisi A. Ekspedisi A mengirim barang menggunakan jasa cargo. Setelah sampai di kota tujuan, cargo menyerahkan barang kepada ekspedisi A. Dan kemudian ekspedisi A mengirim paket ke rumah penerima. Jika terjadi kerusakan di pihak cargo, tentu sudah seharusnya pihak ekspedisi A yang bertanggung jawab kan cu? Ironisnya, pihak ekspedisi A lepas tanggung jawab dan menyerahkan sepenuhnya pada pengirim. Kasus seperti ini sering terjadi berdasarkan pengalaman pribadi kakek. Kakek harapkan, cucu selaku konsumen mengerti betapa sulitnya posisi toko online jika diperlakukan seenaknya oleh ekspedisi.

(Semoga pemerintah tidak hanya getol menarik pajak dari toko online, tapi juga memperhatikan dan memelihara hak-hak konsumen. Setuju kan cu!)

Untuk klaim yang proses pengirimannya menggunakan pihak ketiga (dalam hal ini berarti ekspedisi terkait), memang butuh waktu dan proses ya cu. Ini dikarenakan pihak ekspedisi mempunyai beberapa kriteria dan proses klaim yang harus dipenuhi. Beberapa ekspedisi memerlukan foto bukti atau video bahwa produk yang diterima tidak sesuai pesanan.

– Bencana alam dan nasional
SesepuhAlatTeknik.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan atau kerterlambatan paket yang diakibatkan oleh ekspedisi yang digunakan termasuk bencana alam seperti gempa bumi, gunung meletus, kebakaran hutan, perang dan lain sebagainya.

– Barang tidak dikirim sesuai janji
Maksudnya disini adalah, barang tidak dikirim dari Surabaya sesuai dengan kesepakatan awal antara cucu dengan kakek. Ada kalanya kesalahan berada di pihak ekspedisi yang secara disengaja ataupun tidak, memang membuat pengiriman jadi terlambat. Jika kesalahan murni berada di pihak kakek, maka kakek bersedia memberikan ganti rugi yang sesuai dan masuk akal.

Namun apabila kesalahan murni di pihak ekspedisi, maka kakek tidak bertanggung jawab atas kelalaian yang disebabkan pihak ketiga (dalam hal ini ekspedisi terkait). SesepuhAlatTeknik.com hanya berkewajiban untuk membantu proses follow up ya cu.

Refund

Untuk pengembalian uang (refund) karena sesuatu hal, misal: kelebihan ongkir, barang kosong, cancel atau kompensasi ganti rugi, pihak SesepuhAlatTeknik.com saat ini hanya menerima rekening BCA. SesepuhAlatTeknik.com tidak akan mentransfer uang di luar rekening tersebut.

*Kelebihan ongkir bisa dititipkan sebagai deposit dengan masa waktu tidak lebih dari 90 hari. Lebih dari 90 hari deposit dianggap hangus.
**Refund untuk klaim dianggap hangus jika tidak diambil terhitung 90 hari sejak klaim cair.

Blacklist

SesepuhAlatTeknik.com sangat menyadari arti pentingnya pelanggan seperti cucu yang sering beli disini. Namun ada beberapa pelanggan kakek yang memang memiliki keinginan diperlakukan lebih. Misalnya saja: SMS/WhatsApp ingin selalu langsung dibalas saat itu juga atau marah-marah tanpa alasan yang jelas. Mengingat kakek sudah tua juga memiliki banyak pelanggan seperti cucu yang harus dilayani, maka kakek memberlakukan sistem blacklist, terutama bagi pelanggan kakek yang melanggar ketentuan layanan ini dan bertindak diluar etika sopan santun.

(Kakek sudah tua dan pengen menikmati masa tua dengan tenang, jadi kakek sangat menghindari perselisihan ya cu)

Ini dimaksudkan agar proses pelayanan kakek tidak terganggu oleh ulah pelanggan yang mungkin sengaja membuat kegaduhan. Sebagaimana sistem yang kakek berlakukan ini, Pihak ekspedisi juga terkadang memberlakukan blacklist dengan format yang berbeda lho cu..

*Tulisan di halaman ini bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, demi menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan kakek yang banyak sekali..

**Semua pembelian atau pelanggan yang terhubung dan mendapatkan kontak SesepuhAlatTeknik.com dari situs lain (semisal dari Tokopedia, OLX, BukaLapak, Shopee, Lazada, Dinomarket, dll), berarti juga terikat dengan ketentuan layanan ini ya cu. Makasih cu 😀